Belajar dan mengajar sebagai suatu proses sudah barang tentu harus dapat mengembangkan dan menjawab beberapa persoalan yang mendasar yakni, antara lain :
Keempat persoalan ( tujuan, bahan, metode dan alat serta penialain ) menjadi komponen utama yang harus dipenuhi dalam proses belajar mengajar. Keempat komponen tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi saling berhubungan dan saling pengaruh mempengaruhi satu sama lain.
Tujuan dalam proses belajar mengajar merupakan komponen pertama harus ditetapkan dalam proses pengajaran dan berfungsi sebagai indikator keberhasilan pengajaran. Tujuan merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran. Isi tujuang pada hakikatnya adalah hasil belajar yang diharapkan. Dengan tujuan yang jelas dan operasional, dapat ditetapkan bahan pelajaran yang hasus menjadi isi kegiatan belajar mengajar. Bahan inilah yang diharapkan dapat mewarnai tujuan dan mendukung tercapainya tujuan atau tingkah laku yang diharapkan dimiliki siswa. Metode dan alat yang digunakan dalam pengajaran dipilih atas dasar tujuan dan bahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode dan alat berfungsi sebagai jembatan atau media trasformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai.
Untuk menetapkan apakah tujuan yang telah tercapai atau tidak, maka penialain yang harus memainkan fungsi dan peranannya. Penilaina berfungsi sebagai barometer untuk mengukur tercapai tidaknya tujuan. Itulah sebabnya fungsi penilaian pada dasarnya mengukur tujuan.
Melihat gambaran tersebut di atas, maka dapat dikatakan bahwa pengajaran adalah suatu komponen satu kesatuan sebagai suatu koordinasi yang saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan. Dengan demikian keempat komponen tersebut diatas tidak dapat dipisah-pisahkan dalam pembelajaran. Itulah yang disebut pengajaran sistem.
<-- diteoh artikel -->
- Kemana proses tersebut akan diarahkan ?
- Apa yang harus dibahas dalam proses tersebut ?
- Bagaimana cara melakukannya ?
- Bagaimana mengetahui berhasil tidaknya proses tersebut ?
Keempat persoalan ( tujuan, bahan, metode dan alat serta penialain ) menjadi komponen utama yang harus dipenuhi dalam proses belajar mengajar. Keempat komponen tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi saling berhubungan dan saling pengaruh mempengaruhi satu sama lain.
Tujuan dalam proses belajar mengajar merupakan komponen pertama harus ditetapkan dalam proses pengajaran dan berfungsi sebagai indikator keberhasilan pengajaran. Tujuan merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran. Isi tujuang pada hakikatnya adalah hasil belajar yang diharapkan. Dengan tujuan yang jelas dan operasional, dapat ditetapkan bahan pelajaran yang hasus menjadi isi kegiatan belajar mengajar. Bahan inilah yang diharapkan dapat mewarnai tujuan dan mendukung tercapainya tujuan atau tingkah laku yang diharapkan dimiliki siswa. Metode dan alat yang digunakan dalam pengajaran dipilih atas dasar tujuan dan bahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode dan alat berfungsi sebagai jembatan atau media trasformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai.
Untuk menetapkan apakah tujuan yang telah tercapai atau tidak, maka penialain yang harus memainkan fungsi dan peranannya. Penilaina berfungsi sebagai barometer untuk mengukur tercapai tidaknya tujuan. Itulah sebabnya fungsi penilaian pada dasarnya mengukur tujuan.
Melihat gambaran tersebut di atas, maka dapat dikatakan bahwa pengajaran adalah suatu komponen satu kesatuan sebagai suatu koordinasi yang saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan. Dengan demikian keempat komponen tersebut diatas tidak dapat dipisah-pisahkan dalam pembelajaran. Itulah yang disebut pengajaran sistem.
1 Response to "Komponen-Komponen Proses Belajar Mengajar"
Wynn Las Vegas Casino & Resort Map - MapyRO
Get directions, reviews and information for Wynn Las Vegas Casino & Resort in 김천 출장샵 Las Vegas, 순천 출장마사지 NV. 부천 출장샵 Resort Casino Resort, Las Vegas, 원주 출장마사지 Nevada - 김천 출장안마 MapyRO
Post a Comment