Prosedur pembelajaran kooperatif pada prinsipnya terdiri atas empat tahap yaitu penjelasan materi, belajar dalam kelompok, penilaian dan pengakuan tim
Penjelasan Materi
Tahap penjelasan diartikan sebagai proses penyampaian pokok-pokok materi pelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok. Tujuan utama dalam tahap ini adalah pemahaman siswa terhadap pokok materi pelajaran. Pada tahap ini guru memberikan gambaran umum tentang materi pelajaran yang harus dikuasai yang selanjutnya siswa akan memperdalam materi dalam pembelajaran kelompok. Pada tahap ini guru dapat menggunakan metode ceramah, curah pendapat dan Tanya jawab, bahkan kalau perlu guru dapat menggunakan demonstrasi. Di samping itu, guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran agar pembelajar dapat lebih menarik siswa.
Belajar dalam kelompok
Sete;ah guru menjelaskan gamabaran umum tentang pokok-pokok materi pelajaran, selanjutnya siswa diminta untuk belajar pada kelompoknya masing-masing telah dibentuk sebelumnya. Pengelompokan dalam dalam SPK bersifat heterogen. Artinya, kelompok dibentuk berdasarkan perbedaan-perbedaan setiap anggotanya, baik perbedaan gender, latar belakang, agama, social-ekonomi, dan etnik serta perbedaan kemampuan akademik. Dalam hal ii kemampuan akademis, kelompok pembelajaran biasanya terdiri dari satu orang berkemampuan akademis tinggi, dua orang berkemampuan sedang dan satu lainnya dari kelompok kemampuan akademis kurang.
Penilaian
Penilaian dalam SPK bias dilakukan dengan tes atau kuis. Tes atau kuis dilakukan baik secara individual maupun kelompok. Tes individual akan memberikan informasi kemampuan setiap siswa, dan tes kelompok akan memberikan informasi kemapuan setiap kelompok. Hasil akhir setiap siswa adalah penggabungan keduanya dan dibagi dua. Nilai setiap kelompok memiliki nilai sama dalam kelompoknya. Hal ini disebakan nilai kelompok adalah nilai bersama dalam melompoknya yang merupaka hasil kerja sama setiap kelompok-kelompok.
Pengakuan tim
Pengkuan tim adalah penetapan tim yang dianggap paling menonjol atau tim paling berprestasi untuk kemudian diberikan penghargaan atau hadiah. Pengakuan dan pemberian penghargaan atau hadiah. Pengakuan dan penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi tim untuk terus berprestasi dan juga membangkitkan motivasi tim lain untuk lebih mampu meningkatkan prestasi mereka.
SEMOGA BERMANFAAT
<-- diteoh artikel -->
Penjelasan Materi
Tahap penjelasan diartikan sebagai proses penyampaian pokok-pokok materi pelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok. Tujuan utama dalam tahap ini adalah pemahaman siswa terhadap pokok materi pelajaran. Pada tahap ini guru memberikan gambaran umum tentang materi pelajaran yang harus dikuasai yang selanjutnya siswa akan memperdalam materi dalam pembelajaran kelompok. Pada tahap ini guru dapat menggunakan metode ceramah, curah pendapat dan Tanya jawab, bahkan kalau perlu guru dapat menggunakan demonstrasi. Di samping itu, guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran agar pembelajar dapat lebih menarik siswa.
Belajar dalam kelompok
Sete;ah guru menjelaskan gamabaran umum tentang pokok-pokok materi pelajaran, selanjutnya siswa diminta untuk belajar pada kelompoknya masing-masing telah dibentuk sebelumnya. Pengelompokan dalam dalam SPK bersifat heterogen. Artinya, kelompok dibentuk berdasarkan perbedaan-perbedaan setiap anggotanya, baik perbedaan gender, latar belakang, agama, social-ekonomi, dan etnik serta perbedaan kemampuan akademik. Dalam hal ii kemampuan akademis, kelompok pembelajaran biasanya terdiri dari satu orang berkemampuan akademis tinggi, dua orang berkemampuan sedang dan satu lainnya dari kelompok kemampuan akademis kurang.
Penilaian
Penilaian dalam SPK bias dilakukan dengan tes atau kuis. Tes atau kuis dilakukan baik secara individual maupun kelompok. Tes individual akan memberikan informasi kemampuan setiap siswa, dan tes kelompok akan memberikan informasi kemapuan setiap kelompok. Hasil akhir setiap siswa adalah penggabungan keduanya dan dibagi dua. Nilai setiap kelompok memiliki nilai sama dalam kelompoknya. Hal ini disebakan nilai kelompok adalah nilai bersama dalam melompoknya yang merupaka hasil kerja sama setiap kelompok-kelompok.
Pengakuan tim
Pengkuan tim adalah penetapan tim yang dianggap paling menonjol atau tim paling berprestasi untuk kemudian diberikan penghargaan atau hadiah. Pengakuan dan pemberian penghargaan atau hadiah. Pengakuan dan penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi tim untuk terus berprestasi dan juga membangkitkan motivasi tim lain untuk lebih mampu meningkatkan prestasi mereka.
SEMOGA BERMANFAAT
0 Response to "Prosedur Pembelajaran Kooperatif"
Post a Comment