Dalam strategi ini merupakan pengembangan dari strategi benar atau salah, strategi ini mendororng peserta didik untuk bekerjasama dengan kelompoknya dalam belajar. Dengan strategi ini peserta didik dapat belajar dengan cepat untuk materi yang banyak. Materi-materi yang bahan bacaanya dimiliki oleh peserta didik akan sangat baik diajarkan dengan menggunakan strategi ini.
Langkah-langkah
1. Tentukan topik yang akan dipelajari, dan tentukan juga bahan bacaanya.
2. Buatlah beberapa pernyataan tentang teks bacaan yang mengandung unsur benar atau salah.
3. Pernyataan-pernyataan tadi dikelompokan menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok ditulis dalam selembar kertas. Setiap kertas diberi tanda A, B, C dan seterusnya. Dengan demikian jika kertas A berisi tiga pernyataan maka kertas B, C dan seterusnya akan mempunyai tiga pernyataan pula.
4. Bagilah peserta didik menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlahkertas yang dibuat. Usahakan masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 peserta didik. Jangan terlalu banyak agar setiap peserta didik dapat memberi kontribusi secara aktif.
5. Setiap kelompok diberi kertas yang telah berisi pernyataan-pernyataan. Dengan ini akan didapatkan kelompok 1 memegang kertas A, kelompok 2 memegang kertas B, kelompok 3 memegang kertas C, dan seterusnya.
6. Tugas setiap kelompok adalah menuliskan pernyataan-pernyataan yang mereka miliki kemudian menetukan apakah pernyataan-pernyataan tersebut benar atau salah. Catatan: kertas tidak boleh ditulis atau diberi tanda apa saja.
7. Setelah semua kelompok selesai melakukan tugas kertas diputar untuk diberikan kepada kelompok disampingnya. Dengan demikian kelompok 2 akan mendapatkan kertas baru yaitu kertas A, kelompok 3 menerima kertas B, kelompok 4 menerima kertas C dan seterusnya. Sementara kelompok 1 menerima dari kelompok terakhir.
8. Setelah masing-masing kelompok menerima kertas yang baru, kemudian ulang kembali seperti pada langkah no 6 dan no 7 dan seterusnya sampai semua kelompok mendapatkan semua kertas.
9. Guru melakukan klasifikasi dengan membaca pernyataan-pernyataan yang ada. Setiap kelompok ditanya jawaban mereka dan dibandingkan dengan jawaban kelompok yang lain.
10. Lakukan sampai selesai atau sesuai dengan waktu dan kondisi yang memungkinkan.
9. Guru melakukan klasifikasi dengan membaca pernyataan-pernyataan yang ada. Setiap kelompok ditanya jawaban mereka dan dibandingkan dengan jawaban kelompok yang lain.
10. Lakukan sampai selesai atau sesuai dengan waktu dan kondisi yang memungkinkan.
0 Response to "Strategi Pembelajaran Benar Salah Berantai"
Post a Comment