Translate

Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran

<-- diteoh artikel -->

Model (Pengajaran)

Istilah model dalam pengajaran mengarah pada suatu pendekatan pembelajaran  tertentu termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungan, dan sistem pengelolaanya, sehingga model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas dari pendekatan, strategi, metode atau prosedur. Sedangkan model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. Sementara menurut Joyce menyatakan bahwa setiap model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Dalam model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang membedakan dengan strategi, metode, atau prosedur, ciri-ciri tersebut yaitu :
1. Rasional teoritik logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana peserta didik belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai)
3. Tingkah laku pembelajaran yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan engan berhasil.
4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.

Pendekatan (Pengajaran)

Istilah pendekatan (approach) dalam pembelajaran menurut Sanjaya (2007) memiliki kemiripan dengan strategi. Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Dalam istilah pendekatan merujuk pada pandangan tentang terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karnanya, strategi dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber dari pendekatan tertentu.
Menurut Roy Killen (1998) ada dua pendekatan dalam pembelajaran yaitu
1. Pendekatan yang berpusat pada guru seperti guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruktion), pemeblajaran deduktif, atau pembelajaran ekspositori.
2. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif.

Metode (Pengajaran)

Menurut Fathurrahman Pupuh (2007) metode secara harfiah berarti cara. Sedangkan metode dalam pengertian secara umum yaitu sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Sememntara dalam kaitannya dengan pembelajaran metode merupakan sebagai cara-cara menyajikan bahan pelajaran pada peserta didik untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.Sehingga pemilihan metode dalam pembelajaran yaitu seorang guru lah yang menjadi tokoh sehingga dapat menampilkan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi, sehingga pencapaian tujuan pengajaran diperoleh secara optimal. Karena makin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar akan semakin efektif kegiatan pembelajaran.

Teknik (Pengajaran)

Teknik merupakan cara yang dilakukan orang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode, yaitu cara yang harus dilakukan agar metode yang dilakukan berjalan efektif dan efisien. Sementara terkadan g sering dibingungkan antara teknik dan taktik. Taktik sendiri mempunyai pengertian gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu. taktik sendiri lebih bersifat individual.


Kesimpulan dari uraian di atas bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru akan tergantung pada pendekatan yang digunakan, dalam menjalankan strategi itu dapat diterapkan berbagai metode pembelajaran. Dalam upaya menjalankan metode pembelajaran, guru dapat menentukan teknik yang dianggap relavan dengan metode, dan penggunaan teknik itu setiap guru memiliki taktik yang mungkin berbeda antara guru yang satu dengan yang lain.
<-- diteoh artikel -->

0 Response to "Model, Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran "