Translate

Pengertian Strategi Pembelajaran

<-- diteoh artikel -->

Pengertian Strategi Pembelajaran

Pada umumnya strategi merupakan suatu rancangan yang disusun sedemikian rupa agar dapat membuahkan sesuatu yang telah direncanakan supaya membuahkan hasil yang maksimal. Strategi ini sejak dulu sudah diterapkan oleh para dunia militer sebagai cara agar mendapatkan kemenangan dalam suatu peperangan. Ketika dalam akan melukakan peperangan sudah hal yang pasti masing-masing dari kedua kubu pastilah seorang ketua/pimpinan perang sudah memiliki strategi untuk melawan musuh yang akan dihadapinya. Strattegi yang pertama dilakukan yaitu dapat dilakukan dengan mengintai kekuatan si musuh, kondisi bala tentara musuh, taktik yang digunakan lawan kira-kira seperti apa, dan lain-lain. Hal ini mestinya perlu adanya strategi mengingat bahwa strategi digunakan untuk memperoleh kekuasaan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. Sedangkan menurut Wina Sanjaya (2007) istilah strategi , sebagaimana banyak isltilah lainnya, seperti dalam konteks belajar mengajar, strategi berarti pola umum aktivitas guru-peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. dalam konteks ini sifat umum pola tersebut bahwa macam dan urutan perbuatan yang dimaksud tampak dipergunakan guru-peserta didik di dalam bermacam-macam peristiwa belajar.

Sementara dalam dunia pendidikan strategi diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular education goal. Jadi strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sememntara jika kegiatan tersebut berupa rentetan perbuatan guru-peserta didik dalam suatu peristiwa belajar mengajar aktual tertentu, dinamakan prosedur intruksional.

Sedangkan ada beberapa devinisi tentang strategi pembelajaran diantaranya:
1. Menurut Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
2. Menurut Cropper (1998) mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat di praktikan.
3. Gerlach dan Ely menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Mereka menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.

Perbedaan antara strategi pembelajaran dengan desain intruksional :
- Strategi pembelajaran berkenaan dengan kemungkinan variasi pola dalam arti macam dan urutan umum perbuatan belajar-mengajar yang secara prinsip berbeda antara yang satu dengan yang lain. Sedangkan desain intruksional menuntjuk kepada cara-cara merencanakan suatu sistem lingkungan belajar tertentu setelah ditetapkan untuk menggunakan satu atau lebih strategi pembelajaran tertentu.






<-- diteoh artikel -->

0 Response to "Pengertian Strategi Pembelajaran "