Pada dasarnya pengajaran merupakan suatu komponen yang merupakan satu kesatuan sebagai suatu koordinasi yang saling berkaitan dalam rangka mencapai tujuan. Sementara keempat komponen tersebut yaitu
- Tujuan
- Bahan
- Metode
- Alat serta penilaian
Nah dari keempat komponen tersebut di atas merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain dalam proses belajar mengajar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan keterkaitan dari keempat komponen tersebut
1. tujuan dalam proses belajar mengajar merupakan komponen pertama yang baru ditetapkan dalam proses pengajaran dan dapat berfungsi sebagai indikator keberhasilan pengajaran. Selain itu tujuan merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran, Isi dari tujuan tersebut dapat berupa hasil belajar siswa yang ingin dicapai, seperti contoh siswa dapat menjelaskan, siswa dapat menyebutkan dan sebagainya.
2. Selanjutnya setelah ditetapkan tujuan yang jelas maka hal yang harus dilakukan yaitu menyiapkan bahan untuk proses kegiatan belajar mengajar. Karna dari bahan itulah yang diharapkan dapat mewarnai tujuan dan dapat mendukung tercapainya tujuan atau dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
3. Selanjutnya setelah tujuan ditetapkan dan bahan juga telah disiapkan makan hal yang seharusnya dilakukan yaitu metode dan alat yang digunakan dalam pengajaran dipilih atas dasar tujuan dan bahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Metode dan alat tersebut berfungsi sebagai jembatan atau media transformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Sementara dalam proses belajar mengajar fungsi dari penilaian yaitu sebagai barometer untuk menguur tercapainya keberhasilan siswa dalam pembelajaran
Itulah tadi diatas tentang komponen-komponen dalam proses belajar mengajar semoga tulisan ini dapat bermanfaat sehingga dapat menambah wawasan bagi semua para pembaca. amin mimlumbirku
0 Response to "Komponen-Komponen Dalam Proses Belajar Mengajar"
Post a Comment