Strategi bermain jawaban merupakan sebuah permainan yang dapat melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pre-test maupun post-tes. Paa permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh siswa.
Langkah-langkah sebelum memulai strategi ini yaitu :
1. Buatlah sejumlah pertanyaan yang memerlukan jawaban ringkas, dan masing-masing ditulis pada selembar kertas.
2. Tulis sejumlah kemungkinan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan no 1. ( Jumlah jawaban harus lebih banyak dari jumlah pertanyaan ) misal jumlah pertanyaan 10, maka jumlah jawabannya sekitar 11,12,13 dst.
3. Kelompok jawaban-jawaban yang dibuat pada langkah ke dua sesuai dengan kategori tertentu. Misalnya kategori materi, tokoh, nama tempat, peristiwa dan lain-lain.
4. Masukan jawaban-jawaban tai ke dalam kantong-kantong kertas. Setiap kantong ditulis nama kategori sesuai dengan kategori jawaban.
5. Tempelkan kotak-kotak kertas yang berisi jawaban tadi pada selembar kertas karton. Kemudian pasang di papan kelas.
Langkah-langkah permainan
1. Bagi kelas menjadi beberapa kelompok. Banyaknya kelompok disesuaikan dengan jumlah peserta didik. Usahakan ari masing-masing kelompok tidak lebih dari 6 orang.2. Beri masing-masing kelompok beberapa pertanyaan. Jumlah pertanyaan harus sama untuk tiap-tiap kelompok.
3. Minta masing-masing kelompok untuk mendiskusikan jawaban dan mencari kira-kira di kotak yang mana jawaban tersebut berada.
4. Mulai permainan dengan meminta salah satu kelompok untuk membacakan satu pertanyaan, kemudian salah satu anggota kelompok menjawab sesuai dengan kartu jawaban yang diambil dari kotak permainan ini dilakukan samapai pertanyaan habis.
5. Guru memberikan klarifikasi jawaban.
0 Response to "Strategi Bermain Jawaban"
Post a Comment