Translate

Pengertian Strategi Peer Lesson Secara Detail

<-- diteoh artikel -->


Pada dasarnya kata strategi sering digunakan dalam dunia militer dan diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan untuk memenangkan suatu peperangan. Begitu juga dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran bahwa strategi digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. Sementara dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai a plan, method, or series of actifities designed to achives a particular goal (rencana metode atau serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan) (Hamruni, 2011: 1).

Menurut Sunhaji, dalam kaitannya dengan belajar mengajar, strategi dapat diartikan sebagai daya upaya guru agar hasil pembelajaran dapat maksimal supaya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskannya dapat dicapai secara berdaya guna dan berhasil guna (Sunhaji: 2009:2).

Sementara menurut Hasibuan dan Moejiono dalam bukunya proses belajar mengaja, strategi belajar mengajar adalah pola umum perbuatan guru-murid di dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar. Pengertian strategi dalam hal ini menunjukan kepada karakteristik abstrak dari rentetan kegiatan guru-murid di dalam peristiwa belajar mengajar (Hasibuan dan Moejiono, 1993: 3).

Kemudian menurut Slameto dalam bukunya Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester SKS, mengatakan bahwa strategi adalah suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi (pengajaran) (Slameto,  1991: 90)


Menurut Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar, secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru - anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan (Menurut Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, 1996: 5)

Dengan begitu dapat penulis simpulkan bahwa strategi merupakan suatu rencana dalam merancang pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan tujuan menciptakan pembelajaran yang semenarik mungkin sehingga dengan rancangan tersebut tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai sesuai dengan rencana.


Pembelajaran merupakan interaksi antara pendidik dan peserta didik yang masing-masing mempunyai tujuan sendiri-sendiri. Namun pada umumnya pembelajaran itu merupakan upaya membelajarkan peserta didik ke arah yang lebih baik. Dalam proses pembelajaran diperlukan komponen-komponen penting dalam pembelajaran supaya pembelajaran tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan, salah satunya yaitu tentang penggunaan strategi. Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu karena untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal ( Made Wena, 2009: 2).

Dalam buku karangan Hisyam Zaini dkk, 2002 yang berjudul strategi pembelajarn aktif di perguruan tinggi bahwa peer lessons berarti mengajar sesama teman. Dengan mengajar sesama teman merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan belajar aktif, dengan dukungan sesama siswa dan keragaman pendapat, pengetahuan, serta ketrampilan mereka akan membantu menjadikan belajar bersama sebagai bagian berharga dari iklim belajar (Melvin L. Silberman, 2006: 163)


Peer Lessons adalah suatu pembelajaran yang merupakan bagian dari active learning (pembelajaran aktif). Secara singkat menurut Melvin L. Silberman strategi Peer Lessons merupakan strategi untuk mendukung pengajaran sesama siswa di dalam kelas. Strategi ini menempatkan seluruh tanggung jawab pengajaran kepada seluruh anggota kelas dan baik digunakan untuk mengairahkan kemauan peserta didik untuk mengajarkan kepada tamannya (Hisyam, dkk, 2008: 62).

Dalam strategi peer lessons ini siswa dituntut aktif karena dalam strategi ini siswa akan membelajarkan teman sekelasnya, sehingga pembelajaran menjadi aktif, menyenangkan bahkan bisa lebih bermakna karena siswa akan merasakan langsung membelajarkan temannya dengan kemampuan yang dia miliki. Mata pelajaran baru benar-benar dikuasai ketika si pembelajar mampu mengajarkannya kepada orang lain. Pengajaran sesama siswa memberi siswa kesempatan untuk mempelajari sesuatu dengan baik dan sekaligus menjadi narasumber bagi satu sama lain (Melvin L. Silberman, 2006:177) 


Dengan begitu penelitian strategi peer lesson ini merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif dimana dalam strategi peer lesson ini siswa akan membelajarkan materi kepada temannya, sehingga pembelajaran menjadi aktif karna adanya keterlibatan antar peserta didik.
<-- diteoh artikel -->

0 Response to "Pengertian Strategi Peer Lesson Secara Detail"